INFORMASI PENDAFTARAN MAHASISWA BARU 2019

Halo generasi penerus bangsa Indonesia !! Fakultas Bahasa dan Satra Universitas Kanjuruhan Malang memberikan kesempatan kepada para lulusan SMA/SMK/Sederajat untuk bergabung dalam Tiga Program Studi Unggulan FBS Unikama yakni Program Studi Sastra Inggris (S1), Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1), dan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1). Info lebih lanjut dapat menghubungi kontak yang tertera. Ayo! jangan lewatkan berbagai kemudahan untuk menjadi Mahasiswa Universitas Kanjuruhan Malang. Your Brilliant Bright Future Starts Here !!!

Siap Hadapi Revolusi Industri 5.0, FBS Ciptakan Lulusan Berwawasan Digital

UNIKAMA – Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) gelar Yudisium semester ganjil Tahun Akademik 2019/2020, Kamis (20/02/2020). Yudisium yang dihelat di Auditorium Multikultural Unikama ini berjalan sangat khidmat dan meriah. Sebanyak 110 mahasiswa dengan rincian dari Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris 48 mahasiswa, Pendidikan dan Sastra Indonesia 48 mahasiswa dan 14 mahasiswa dari Sastra Inggris di berikan SKL (Surat Keterangan Lulus) diiringi dengan Paduan Suara dari Unikama.

“Sebagai mahasiswa mereka tidak boleh mengandalkan kemampuan dari segi akademik saja atau hardskill , tetapi juga softskillnya harus punya. Saat ini sudah memasuki era revolusi industri 5.0, untuk menghadapi tantangan tersebut kami sebagai Dosen juga membekali mahasiswa agar mampu mengikuti perkembangan digital,” ungkap Dekan FBS Dr. Mujiono, M.Pd.

Banyak sekali cara Dosen FBS membekali mahasiswa agar mampu bersaing dengan lulusan Perguruan Tinggi lain. Mulai dari cara berkomunikasi, bekerjasama dengan tim didalam dunia kerja dan bisa mengembangkan karakter.

“Kami juga mempersiapkan lulusan agar terampil, ada beberapa mata kuliah yang memang disediakan untuk menghadapi dunia kerja. Terutama di bidang pendidikan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, kami persiapkan agar mereka menjadi guru yang profesional. Dosen FBS memberikan berbagai macam pelatihan seperti E-Learning, Daring (Dalam Jaringan), pembelajaran multimedia, membuat bahan ajar yang berbasis digital , dan juga memacu Dosen untuk penelitian dan pengembangan keilmuan,” paparnya.

FBS telah menjalin banyak kerjasama baik bidang pendidikan maupun pariwisata. Tujuannya agar mahasiswa bisa praktik menerapkan ilmunya dan mencari pengalaman kerja di tempat tersebut.

Sementara itu, ada 3 mahasiswa yang berprestasi dan meraih IPK tertinggi yakni Meldiana Ayu Restanti dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris dengan IPK 3,90, Ratih Kusuma Kristanti dari Prodi Sastra Inggris dengan IPK 3,83, dan Anisa Ayu Fitria dari Prodi Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia dengan IPK 3,68.

Mewakili teman-temannya Meldiana Ayu Restanti mengucapkan terimakasih kepada para Dosen yang telah memberikan ilmunya.

“Saya sangat berterimakasih kepada para Dosen yang dengan sabar membimbing kami, dan memberikan kami motivasi agar tetap bersemangat dalam menempuh perkuliahan. Banyak sekali yang kami dapatkan disini untuk menghadapi tantangan didalam dunia kerja, apalagi sekarang di zaman yang serba menggunakan teknologi,” paparnya.

Menjadi guru yang profesional tidaklah mudah, di zaman yang serba teknologi ini guru dituntut untuk membuat media pembelajaran yang berbasis digital. Hal ini menjadi fokus FBS Unikama untuk terus meningkatkan kualitas lulusan agar bisa mengikuti perkembangan teknologi dalam setiap keilmuan yang mereka akan dapatkan diluar sana.

Gelar Workshop, FBS Unikama Motivasi Mahasiswa Agar Tidak Khawatir Hadapi Masa Depan

UNIKAMA –  Cetak alumni yang memiliki nilai tambah membuat Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) selalu mengadakan seminar tahunan. Kegiatan yang bertajuk “Songsong Masa Depan Bersama Suherman (Suka Heran Masa Depan)” Kamis (05/12) ini diikuti oleh seluruh mahasiswa angkatan 2019.

Dalam kegiatan ini FBS Unikama mendatangkan para alumninya yang telah sukses. Ada 3 alumni yang didatangkan yakni Yokka Rhismadora selaku Marketing Executive of Jawa Timur Park, Suryani HRD of Citihub Hotel Management Surabaya, dan Masruhin Khoiruddin Owner of Al Abror Tour and Travel Malang. Hal ini guna memotivasi mahasiswa agar terus bersemangat raih masa depan.

“Sukses itu merupakan sesuatu yang bisa kalian temukan dan tidak bisa ditemukan orang lain. Masa depan dan kesuksesan saudara itu adalah tersembunyi disana, bagaimana saudara bisa menggapai sesuatu yang tersembunyi, itu hanya bisa di tentukan oleh kalian yang memiliki kreatifitas dan inovatifitas yang tinggi,” ungkap Dr. Mujiyono, M.Pd selaku Dekan FBS dalam sambutannya.

Ia juga berpesan untuk mahasiswa agar tidak menjadi mahasiswa kupu-kupu atau selesai kuliah langsung pulang.

“Kalian harus aktif tidak hanya dalam perkuliahan saja tetapi juga dalam suatu organisasi. Jadi bangun kreatifitas dan inovatifitas, bagaimana kita bisa membangun hal itu mulai sekarang saudara harus memiliki Self-regulating Learning. Tidak semua yang ada disini bisa menjadi Guru atau Pegawai Negeri Sipil (PNS),” tuturnya.

Mahasiswa harus bisa menentukan masa depan mereka kedepannya. Misalnya, jika nantinya mereka yang ingin menjadi pengusaha bisa mempersiapkan diri mulai sekarang. Apa saja yang harus dilakukan untuk mempersiapkan hal itu. Sehingga sesuatu yang mahasiswa inginkan jika nanti itu tidak sesuai dengan kenyataan yang ada mereka tidak kaget.

Sementara itu, Yokka Rhismadora salah satu alumni sekaligus pemateri juga menceritakan perjuangannya untuk mencapai kesuksesan tidaklah mudah. “Kalian harus berani untuk mencoba hal baru. Dari hal baru itulah kalian akan menjadi pribadi yang baru dan menemukan jalan untuk terus berkembang menjadi lebih baik lagi,” paparnya.

Pria bertopi hitam ini juga memotivasi mahasiswa agar selalu mencintai apa yang dikerjakannya.

“Kalau kita melakukan hal yang menyenangkan maka tidak akan pernah terasa berat pekerjaan itu. Kalian akan semakin bersemangat dan melakukan pekerjaan itu lebih baik lagi,” tutupnya.

Kegiatan yang dilakukan setiap tahunnya ini diharapkan benar-benar bisa memotivasi mahasiswa dan membuat mereka bisa menyiapkan masa depannya dengan baik.

Ultah Ke-19, FBS Unikama Ciptakan Lulusan Yang Kredibel

UNIKAMA – Merayakan Dies Natalis Senat Mahasiswa serta Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama), jajaran Dekan, Dosen, hingga mahasiswa nyanyi bareng lagu Selamat Ulang Tahun yang dipopulerkan oleh Jamrud. Usai nyanyi bareng, Dekan FBS, Dr. Mujiono, M.Pd memotong kue tart yang diatasnya ditancapkan lilin angka 19, yakni angka umur FBS saat ini.

Seluruh tamu yang memadati Aula Sarwakirti, Kamis (18/4) bertepuk tangan saat Mujiono meletakkan potongan kue ke atas piring. Di hari jadi FBS tersebut Mujiono menyampaikan harapan-harapan dan pencapaian yang akan segera direalisasikan.

“Saya berharap ke depan FBS dapat menciptakan lulusan yang berkualitas dan punya dedikasi untuk pembangunan bangsa. Dan semoga lulusan FBS bisa menjadi penerus yang dapat memotivator masyarakat,” ungkapnya.

Untuk menciptakan lulusan dengan target tersebut, Mujiono salah satunya akan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia pendidik. Hingga saat ini salah satu upayanya adalah mengirim dosen untuk menempuh studi lanjut dan menerbitkan jurnal-jurnal penelitian para pengajar hingga ke tingkat nasional.

“Kami akan terus berusaha agar nantinya FBS menjadi fakultas yang kredibel, yang berkualitas, dan lulusannya pun diakui karena kemampuannya berkontribusi dalam pembangunan,” tutup dia. (rama)

TARIAN DAYAK BUKA DIES NATALIS FBS UNIKAMA

UNIKAMA – Tarian Suku Dayak persembahan dari Forum Daerah (Forda) Kalimantan Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama)membuka gelaran Dies Natalis Senat Mahasiswa dan Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) ke-19.

Acara yang dihadiri para dosen, mahasiswa hingga pelajar SMA/SMK se-Kota Malang tersebut diadakan di Aula Sarwakirti Unikama, hari ini (18/4) dengan tema Merangkul Keberagaman dan Membangun Satu Tekad Dalam Perbedaan.

Ketua Umum, Senat Mahasiswa (SM) FBS Unikama, Sarah Agudjir mengatakan bahwa rangkaian acara hari ini diantaranya open house sampai beberapa hiburan yang ditampilkan oleh mahasiswa FBS sendiri.

“Ada 20 sekolah yang kami undang, diantaranya SMA Nasional, SMK PGRI 6, dan SMK PGRI 7. Para siswa ini kami kenalkan ada prodi apa aja sih di FBS dan bagaimana lingkungan multikultural kampus Unikama,” teramg mahasiswa semester empat ini.

Sementara itu, hiburan yang akan disuguhkan pada hari ini antara lain pertunjukan musikalisasi puisi, hingga penampilan tari modern. “Ada beberapa kelompok dari mahasiswa FBS yang akan menampilkan drama. Judulnya macam-macam karena untuk menunjukkan keberagaman,” sambungnya.

Sarah menambahkan, 3 grup band yang berasal dari 3 prodi FBS juga turut memeriahkan acara ini. “Ada dari prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, dan Sastra Inggris. Serta tambahan 1 band dari luar kampus. Namanya Laska Rasta,” tutupnya. (erma)

Tanpa Kesabaran, Skripsi Hanya Tumpukan Kertas

UNIKAMA – Sebanyak 71 mahasiswa Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) mengikuti yudisium di Auditorium, kemarin. Dengan rincian, mahasiswa S1 Pendidikan Bahasa Inggris 32, dan 39 mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Siti Nur Aisyah A. Paokuma Pendidikan Bahasa Inggris berhasil meraih IPK tertinggi, 3.90. Disusul Neria Omega Putri dari Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dengan IPK 3.60.
Dekan FBS Unikama Dr. Mujiono, S.Pd, M.Pd, mengatakan, di FBS tenaga pengajarnya hampir 75 persen dari tenaga pendidkan, bahkan dari program studi tertentu hampir 90 persen dan memiliki sertifikasi dosen sebagai tenaga pendidik profesional. Untuk mendukung SDM di FBS saat ini empat dosen sedang menempuh S3 dan dua menempuh S3 di Australi, semua itu beasiswa.
“Kita terus mengedepankan akademik, meskipun ada yang lulus tidak tepat waktu. Namun dengan yudisium ini menunjukkan kalian telah syah menerima gelar baru. Hal ini juga menunjukkan kepada orangtua bahwa selama menimba ilmu di Unikama telah selesai dengan lulus,” ucap dekan.
Ditambahkan, setelah lulus S1 bisa melanjutkan studi selanjutnya yaitu Pascasarjana (S2) baik diluar ataupun di Unikama. Saat ini Unikama sudah memiliki tiga program magister, Magister IPS, Magister Manejemen, dan Magister Pendidikan Bahasa Inggris. 
Mujiono berharap, kepada para alumni agar ilmu yang telah didapat selama kuliah bisa diterapkan, baik dari hard skill, soft skill, karakter, dan religius. Bahkan di era revolusi industri 4.0 seperti saat ini, para lulusan harus bisa menguasai bahasa dan teknologi informasi, sehingga bisa bersaing baik di kancah nasional dan internasional.
Sementara itu, Siti Nur Aisyah A. Paokuma yudisium terbaik menyampaikan ucapan terimakasih kepada pimpinanan FBS, seluruh dosen yang telah mendidiknya. Sudah merasakan selama menempuh ilmu di Unikama banyak dibekali dengan ilmu keterampilan dan siap ditularkan di masyarakat. 
“Terima kasih kepada pimpinan FBS, bapak dekan, pimpinan program studi dan semua dosen yang tulus membimbing kami. Banyak memberi ilmu dan pengalaman kepada kami. Sampai kapanpun, ilmu, kenangan yang telah diberikan akan selalu membekas dinaluri kami. Tanpa bimbingan Bapak dan Ibu dosen, tanpa kesabaran dan ketelatenan membimbing kami, maka skripsi kami hanya tumpukan kertas yang tidak berarti ,” ujarnya.
Jadikan predikat kelulusan ini sebagai kebanggaan orang tua yang telah memenuhi kebutuhan selama belajar di kampus. ‘Berhenti menjadi pengecut, berhenti menjadi penakut, setiap orang punya catatan gagal, tapi menyerah bukan pilihannya,’ ungkapnya. (dinog)

YUDISIUM FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA UNIVERSITAS KANJURUHAN MALANG SEMESTER GANJIL 2017-2018

Pelaksanaan Yudisium Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Kanjuruhan Malang Semester Ganjil 2017-2018 ini dilaksanakan pada:

Hari/Tanggal  : Selasa, 20 Pebruari 2018

Waktu              : 13.00 – 16.00 WIB

Tempat            : Auditorium Multikultural Universitas Kanjuruhan Malang

Peserta Yudisium Fakultas Bahasa dan Sastra Semester Ganjil diikuti oleh 84 orang Mahasiswa dari Program Studi Sastra Inggris, Bahasa Jepang, Pendidikan Bahasa Inggris dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dengan jumlah mahasiswa sebagai berikut :

  1. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia sejumlah 45 mahasiswa
  2. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris sejumlah 30 mahasiswa
  3. Program Studi Sastra Inggris sejumlah 8 mahasiswa
  4. Program Studi Bahasa Jepang sejumlah 1 mahasiswa

Pada Yudisium Fakultas Bahasa dan Sastra Semester Ganjil tahun akademik 2017-2018 ini menghasilkan 3 lulusan terbaik pada tiap-tiap Program Prodi sebagai berikut :

  1. Galih Adi Putra Prodi Sastra Inggris dengan IPK 3.94
  2. Ike Prasetyo Wati Prodi Pendidikan Bahasa Inggris dengan IPK 3.83
  3. Maghfirotul Ula Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dengan IPK 3.77

Dialog Kesusastraan “ Sastra di Era Milenial ” 2017

Organisasi kemahasiswaan Senat Mahasiswa Fakutas Bahasa dan Sastra, Universitas Kanjuruhan Malang periode 2016-2017, mengadakan kegiatan dengan tajuk “Dialog Kesusastraan” dengan tema “Sastra di Era Milenial” dengan pemateri Prof. Dr. Djoko Saryono,M.Pd. Beliau adalah Guru Besar Universitas Negeri Malang.

Mahasiswa dan dosen diberikan bekal tentang pendidikan, kesusastraan, kebudayaan maupun kebahasaan dengan gaya digital.

Kegiatan digelar di Auditorium ini dihadiri 280 peserta yang terdiri dari dosen maupun mahasiswa. Antusias peserta dalam kegiatan ini sangat tinggi sehingga suasana dialog menjadi aktif. Tak hanya diberikan bekal ilmu, namun peserta pun dihiburi dengan tarian Gandrung Marsan oleh peserta didik SMK Negeri 1 Singosari-Malang.

Ketua pelaksana dalam kegiatan ini Yohanes D.P.L Benany mengucapkan terima kasih kepada semua peserta yang telah berpartisipasi. Ungkapan yang sama pun diteruskan oleh Klementinus Bengan Aman Ketua Umum Senat Mahasiswa Fakultas Bahasa dan Sasrta. Kegiatan ini resmi dibuka oleh Siane Herawati, S.Pd,M.Pd selaku Wakil Dekan Fakultas Bahasa dan Sastra.

 

Begini Cara Sema FBS Unikama Semangati Mahasiswa Baru

UNIKAMA– Senat Mahasiswa Fakultas Bahasa dan Sastra (Sema FBS) Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) memiliki cara untuk menyemangati mahasiswa baru (maba) dalam menempuh studi.

Organisasi kemahasiswaan ini menggelar kegiatan bertajuk Training Motivation and Character Building (TMCB). Sebanyak 198 maba angkatan 2017 mengikutinya.

Ketua pelaksana TMBC, Yasintus Rauli menerangkan, tema yang diusung pada kegiatan ini “Siapa Saya, Siapa Anda, Siapa Kita”.

Dia menjelaskan, di era teknologi ini, manusia sering lupa diri dan cenderung menilai kejelekan orang lain. Hal itu merusak tatanan nilai moral maupun perilaku, termasuk mahasiswa.

“Karenanya dibutuhkan gebrakan baru untuk melawan arus negatif tersebut. Untuk itu kami mengadakan kegiatan ini,” ungkapnya.

Dalam sambutannya, Ketua Umum Sema FBS Unikama, Klementinus Bengan Aman mengatakan, kebiasaan menilai kejelekan orang lain harus dihindari.

“Harus ada kesadaran mengenal lebih jauh siapa diri anda,” sambung Emen, sapaan akrabnya, di aula Sarwakirti Unikama.

Dia menambahkan, kegiatan TMBC merupakan program kerja dari Sema FBS Unikama periode 2017.

Sementara itu, Dekan Fakultas Bahasa dan Sastra Unikama, Dr. Mujiono, S.Pd, M.Pd berharap, melalui kegiatan ini, dapat meningkatkan semangat dan konsentrasi mahasiswa dalam menempuh studi.

“Mahasiswa baru cenderung terbawah dengan sifat-sifat ke-SMA-an. Mereka membutuhkan motivasi, dorongan dan arahan yang baik agar mampu beradaptasi dengan lingkungan,” paparnya.

Acara ini menghadirkan motivator Mohammad Anas Arifudin, alumni jurusan Pendidikan Bahasa Inggris FBS Unikama. Hadir pula pemateri lain, yakni Rofinus Daton Warat.

Para peserta sangat antusias mengikuti acara. “Kami sangat senang, bangga dan merasa terharu, karena benar-benar menantang mental dan karakter kami,” aku salah satu peserta TMBC.

Anas sebagai motivator, menantang peserta untuk selalu berkontribusi untuk lembaga.

“Jangan pernah mengharapkan apa yang lembaga berikan kepada anda, namun apa yang kalian berikan kepada lembaga itulah yang lembaga berikan kepada kalian,” tutrnya.

Dia juga memberikan hypnotherapy kepada peserta. Kepada peserta, Rofinus mengajak untuk mengenali diri lebih jauh dan konsisten dengan yang dipunyai. (Ferry)

Seminar Sehari Fakultas Bahasa dan Sastra 2017

Seminar Fakultas Bahasa dan Sastra dengan tema “ Prospek Lulusan Fakultas Bahasa dan Sastra ” yang dilaksanakan pada hari Kamis, 5 Oktober 2017 pukul 08.00 WIB bertempat di Auditorium Multikultural Gedung H lantai 3 Universitas Kanjuruhan Malang dihadiri oleh seluruh mahasiswa Fakultas Bahasa dan Sastra angkatan 2017, dengan pemateri :

  1. Maksimus Masan Kian, S.Pd (Ketua Asosiasi Guru

Penulis Indonesia Cabang Flores Timur)

  1. Sw Wahyuning Utami (Coorporate and Development

Director Times Indonesia Network)

  1. Moch. Sholeh Alqorony (Divisi Manajer Hotel Pelangi)