MORPHOLOGY ARENA 2025

Kamis, 26 Juni 2025, telah dilaksanakan kegiatan Pameran Morphology Games yang berjudul “Morphology Arena” oleh mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Inggris Angkatan 2023. Kegiatan ini merupakan bagian dari penilaian akhir mata kuliah English Morphology yang diampu oleh dosen Dr. Oktavia Widiastuti, S.Pd., M.Pd. dan bertempat di Gedung B, Universitas PGRI Kanjuruhan Malang mulai pukul 07.30 WIB.

Morphology, sebagai salah satu cabang dari ilmu linguistik, mempelajari struktur internal kata, termasuk pembentukan kata melalui affixation (penambahan prefix dan suffix), root words, inflection, derivation, dan word formation lainnya. Pemahaman terhadap morfologi sangat penting dalam penguasaan Bahasa Inggris karena membantu pembelajar memahami makna kata baru, memperkaya kosa kata, serta meningkatkan kemampuan membaca dan menulis secara akademik.

Pameran ini bertujuan untuk memberikan wadah bagi mahasiswa dalam menyalurkan pemahaman mereka tentang konsep morfologi melalui media yang kreatif dan aplikatif. Dengan pendekatan berbasis proyek (project-based learning), mahasiswa ditantang untuk merancang dan menyajikan permainan edukatif yang berbasis pada materi-materi morfologi. Tujuan lainnya adalah mengembangkan kemampuan kolaborasi, berpikir kritis, serta komunikasi efektif antar anggota kelompok.

Kegiatan ini diikuti oleh 11  kelompok mahasiswa, masing-masing menampilkan permainan hasil desain mereka dengan tema yang beragam dan inovatif. Beberapa permainan memodifikasi format permainan populer seperti Uno, Monopoli, dan kartu kuis, sementara yang lain menciptakan desain orisinal dengan tampilan menarik dan cara bermain yang edukatif. Pengunjung pameran berkesempatan untuk mencoba langsung permainan-permainan tersebut sambil belajar konsep-konsep morfologi secara menyenangkan.

Pameran ini juga dihadiri langsung oleh Kepala Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Dr. Lasim Muzammil, M. Pd, serta beberapa dosen lainnya. Kehadiran mereka menjadi bentuk dukungan terhadap semangat inovasi dalam proses belajar-mengajar di lingkungan program studi.

Suasana pameran berlangsung meriah, interaktif, dan penuh antusiasme. Setiap kelompok menyiapkan stan mereka dengan dekorasi yang mencerminkan tema permainan masing-masing, serta menyediakan alat bantu, lembar permainan, dan panduan main yang mudah dipahami. Para pengunjung tidak hanya menjadi penonton, tetapi juga diajak aktif berpartisipasi dalam mencoba dan memberikan masukan atas permainan yang ditampilkan.

Dosen pengampu melakukan penilaian terhadap seluruh permainan berdasarkan beberapa kriteria seperti kreativitas, nilai edukatif dan kejelasan konsep morfologi yang diangkat. Dari hasil penilaian tersebut, diumumkan tiga kelompok dengan game terbaik sebagai pemenang, yaitu:

  • Juara 1: Kelompok 5 – Morpho Lab, sebuah permainan eksploratif bertema laboratorium kata
  • Juara 2: Kelompok 1 – UNO Morpho, permainan modifikasi dari Uno yang memperkenalkan konsep prefix, suffix, dan root word secara kompetitif.

  • Juara 3: Kelompok 10 – Morpho Goalzz!, permainan bertema sepak bola edukatif yang menuntut pemain mencetak.

Secara keseluruhan, kegiatan “Morphology Arena” memberikan dampak positif dalam pembelajaran. Mahasiswa tidak hanya memahami teori morfologi, tetapi juga mampu mengaplikasikannya secara kreatif dalam bentuk media pembelajaran. Selain itu, kegiatan ini menjadi ajang apresiasi, kerja sama tim, serta menumbuhkan budaya inovatif dan edukatif dalam lingkungan kampus.

Red. KenKumala

Scroll to Top