Unikama – Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) gelar kegiatan yudisium, Kamis (18/02/2021) semester ganjil tahun akademik 2020/2021. Kegiatan ini dilakukan di Aula Multikultural dan secara virtual melalui aplikasi Zoom.

Semester ganjil ini FBS meluluskan 80 mahasiswa dengan rincian 17 mahasiswa dari Prodi Sastra Inggris, 45 mahasiswa dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, dan 18 mahasiswa dari Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Dekan FBS Dr. Mujiyono, M.Si menerangkan bahwa yudisium ini merupakan pengesahan bahwa mahasiswa sudah dinyatakan lulus.

“Selamat dan sukses kepada para mahasiswa yang telah berhasil lulus dan mendapatkan gelarnya masing-masing. Tetapi yang terpenting adalah saudara nantinya akan menghadapi tantangan, harapan dan peluang kedepan,”ujarnya.

Pandemi Covid-19 ini memberikan dampak di semua bidang, termasuk pendidikan dan juga ekonomi. Banyak sekali perusahaan yang merumahkan karyawannya serta sulitnya mencari pekerjaan karena terbatasnya mobilitas akan menjadi kerikil-kerikil yang harus dihadapi lulusan untuk berjalan menuju masa depan.

“Saudara sudah dibekali apa itu teknologi, entrepreneurship dan juga bagaimana berkomunikasi dengan baik. Itulah yang akan menjadi bekal saudara untuk bersaing dengan lulusan dari perguruan tinggi lain,” tambahnya.

Dekan yang juga menjabat sebagi Dosen ini berharap lulusan Unikama terutama dari FBS memiliki pola pikir yang open minded.

Ia ingin lulusan bisa memiliki pola pikir yang terbuka. “Jika nantinya saudara gagal dalam satu bidang, jangan pernah menyerah. Saudara bisa bangkit dan mencoba bidang lainnya, pintarlah mengambil peluang. Apa yang sudah kalian dapatkan saat perkuliahan kembangkan, apalagi saat ini kita telah dipermudah dengan adanya teknologi. Milikilah pemikiran yang positif setiap saudara melakukan sesuatu,” tutupnya.

Dalam yudisium FBS semester ganjil ini ada 3 mahasiswa yang berprestasi antara lain Mardhatillah Muhammad dari Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris dengan IPK 3.93, Velisia Ananda Harto dengan IPK 3.88, dan Muhammad Abdul Munib dengan IPK 3.78.

Perwakilan mahasiswa Mardhatillah Muhammad menuturkan bahwa dirinya dan teman-temannya sangat berterimakasih kepada Unikama dan juga para Dosen.

“Saya belajar banyak hal disini, terimakasih kepada para Dosen yang telah memberikan ilmunya kepada kami. Kami belajar bagaimana menjadi mahasiswa yang memiliki intelektual tinggi.
Sekali lagi saya ucapkan selamat kepada seluruh mahasiswa FBS. Sebagai lulusan yang telah dibekali ilmu, kita haruslah memanfaatkan ilmu tersebut dengan baik. Dimanapun nanti kita berada sudah seharusnya untuk tetap menjaga nama baik almamater,” tuturnya.

Dimanapun kita belajar tidaklah penting, bukan berarti dengan mengambil pendidikan di kampus swasta maka kualitas menjadi nomer dua, tetapi di Unikama sudah memberikan sumbangsih ilmu yang tidak kalah keren dibandingkan kampus negeri.

“Tetap kembangkan kemampuan kalian karena di luar sana yang dilihat adalah hard skill dan soft skill, jika kita mampu bersaing maka kita akan terlihat bersinar,” tutupnya.

Cetak Lulusan Open Minded, FBS Unikama Gelar Yudisium Semester Ganjil TA 2020/2021
WhatsApp chat