UNIKAMA – Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) gelar Yudisium semester ganjil Tahun Akademik 2019/2020, Kamis (20/02/2020). Yudisium yang dihelat di Auditorium Multikultural Unikama ini berjalan sangat khidmat dan meriah. Sebanyak 110 mahasiswa dengan rincian dari Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris 48 mahasiswa, Pendidikan dan Sastra Indonesia 48 mahasiswa dan 14 mahasiswa dari Sastra Inggris di berikan SKL (Surat Keterangan Lulus) diiringi dengan Paduan Suara dari Unikama.

“Sebagai mahasiswa mereka tidak boleh mengandalkan kemampuan dari segi akademik saja atau hardskill , tetapi juga softskillnya harus punya. Saat ini sudah memasuki era revolusi industri 5.0, untuk menghadapi tantangan tersebut kami sebagai Dosen juga membekali mahasiswa agar mampu mengikuti perkembangan digital,” ungkap Dekan FBS Dr. Mujiono, M.Pd.

Banyak sekali cara Dosen FBS membekali mahasiswa agar mampu bersaing dengan lulusan Perguruan Tinggi lain. Mulai dari cara berkomunikasi, bekerjasama dengan tim didalam dunia kerja dan bisa mengembangkan karakter.

“Kami juga mempersiapkan lulusan agar terampil, ada beberapa mata kuliah yang memang disediakan untuk menghadapi dunia kerja. Terutama di bidang pendidikan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, kami persiapkan agar mereka menjadi guru yang profesional. Dosen FBS memberikan berbagai macam pelatihan seperti E-Learning, Daring (Dalam Jaringan), pembelajaran multimedia, membuat bahan ajar yang berbasis digital , dan juga memacu Dosen untuk penelitian dan pengembangan keilmuan,” paparnya.

FBS telah menjalin banyak kerjasama baik bidang pendidikan maupun pariwisata. Tujuannya agar mahasiswa bisa praktik menerapkan ilmunya dan mencari pengalaman kerja di tempat tersebut.

Sementara itu, ada 3 mahasiswa yang berprestasi dan meraih IPK tertinggi yakni Meldiana Ayu Restanti dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris dengan IPK 3,90, Ratih Kusuma Kristanti dari Prodi Sastra Inggris dengan IPK 3,83, dan Anisa Ayu Fitria dari Prodi Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia dengan IPK 3,68.

Mewakili teman-temannya Meldiana Ayu Restanti mengucapkan terimakasih kepada para Dosen yang telah memberikan ilmunya.

“Saya sangat berterimakasih kepada para Dosen yang dengan sabar membimbing kami, dan memberikan kami motivasi agar tetap bersemangat dalam menempuh perkuliahan. Banyak sekali yang kami dapatkan disini untuk menghadapi tantangan didalam dunia kerja, apalagi sekarang di zaman yang serba menggunakan teknologi,” paparnya.

Menjadi guru yang profesional tidaklah mudah, di zaman yang serba teknologi ini guru dituntut untuk membuat media pembelajaran yang berbasis digital. Hal ini menjadi fokus FBS Unikama untuk terus meningkatkan kualitas lulusan agar bisa mengikuti perkembangan teknologi dalam setiap keilmuan yang mereka akan dapatkan diluar sana.

Siap Hadapi Revolusi Industri 5.0, FBS Ciptakan Lulusan Berwawasan Digital
WhatsApp chat