UNIKAMA– Senat Mahasiswa Fakultas Bahasa dan Sastra (Sema FBS) Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) memiliki cara untuk menyemangati mahasiswa baru (maba) dalam menempuh studi.

Organisasi kemahasiswaan ini menggelar kegiatan bertajuk Training Motivation and Character Building (TMCB). Sebanyak 198 maba angkatan 2017 mengikutinya.

Ketua pelaksana TMBC, Yasintus Rauli menerangkan, tema yang diusung pada kegiatan ini “Siapa Saya, Siapa Anda, Siapa Kita”.

Dia menjelaskan, di era teknologi ini, manusia sering lupa diri dan cenderung menilai kejelekan orang lain. Hal itu merusak tatanan nilai moral maupun perilaku, termasuk mahasiswa.

“Karenanya dibutuhkan gebrakan baru untuk melawan arus negatif tersebut. Untuk itu kami mengadakan kegiatan ini,” ungkapnya.

Dalam sambutannya, Ketua Umum Sema FBS Unikama, Klementinus Bengan Aman mengatakan, kebiasaan menilai kejelekan orang lain harus dihindari.

“Harus ada kesadaran mengenal lebih jauh siapa diri anda,” sambung Emen, sapaan akrabnya, di aula Sarwakirti Unikama.

Dia menambahkan, kegiatan TMBC merupakan program kerja dari Sema FBS Unikama periode 2017.

Sementara itu, Dekan Fakultas Bahasa dan Sastra Unikama, Dr. Mujiono, S.Pd, M.Pd berharap, melalui kegiatan ini, dapat meningkatkan semangat dan konsentrasi mahasiswa dalam menempuh studi.

“Mahasiswa baru cenderung terbawah dengan sifat-sifat ke-SMA-an. Mereka membutuhkan motivasi, dorongan dan arahan yang baik agar mampu beradaptasi dengan lingkungan,” paparnya.

Acara ini menghadirkan motivator Mohammad Anas Arifudin, alumni jurusan Pendidikan Bahasa Inggris FBS Unikama. Hadir pula pemateri lain, yakni Rofinus Daton Warat.

Para peserta sangat antusias mengikuti acara. “Kami sangat senang, bangga dan merasa terharu, karena benar-benar menantang mental dan karakter kami,” aku salah satu peserta TMBC.

Anas sebagai motivator, menantang peserta untuk selalu berkontribusi untuk lembaga.

“Jangan pernah mengharapkan apa yang lembaga berikan kepada anda, namun apa yang kalian berikan kepada lembaga itulah yang lembaga berikan kepada kalian,” tutrnya.

Dia juga memberikan hypnotherapy kepada peserta. Kepada peserta, Rofinus mengajak untuk mengenali diri lebih jauh dan konsisten dengan yang dipunyai. (Ferry)

Begini Cara Sema FBS Unikama Semangati Mahasiswa Baru